5 Jenis Logam yang Umum Digunakan dalam Konstruksi

thumbnail

Arsitek, pemilik bangunan, desainer, dan kontraktor umum telah memilih logam dalam proyek konstruksi dibandingkan bahan lain karena daya tahan, efisiensi, dan perawatannya yang rendah. Logam juga memberikan tampilan yang lebih bersih, keindahan yang mencolok, dan keserbagunaan yang lebih banyak daripada jenis – jenis material konstruksi lainnya. Yuk kita tengok beberapa pilihan logam paling populer di industri konstruksi berdasarkan keberlanjutan, keserbagunaan, dan manfaatnya.

Logam-logam di bawah ini banyak digunakan di seluruh konstruksi dan terdaftar tanpa urutan tertentu:

Aluminium

Saat ini, aluminium mengambil peranan penting dalam bangunan dan bisa dipastikan hampir semua bangunan menggunakan bahan konstruksi aluminium. Sifat fisiknya menjadikannya bahan yang sempurna untuk proyek konstruksi. Aluminium ringan tetapi kuat. Ini memiliki ketahanan tinggi terhadap korosi dan fluiditasnya. Aluminium sering digunakan di langit-langit dan dinding, bingkai jendela, penutup atap, sistem HVAC, dan untuk membangun stadion dan jembatan.

Tembaga

Tembaga adalah logam tertua yang diketahui digunakan oleh manusia. Ini adalah salah satu bahan rekayasa paling serbaguna yang tersedia di planet kita. Kombinasi sifat fisik tembaga, konduktivitas, ketahanan korosi, keuletan, dan kekuatan, membuatnya cocok untuk berbagai proyek. Dalam industri konstruksi, tembaga paling sering digunakan untuk selongsong, kabel listrik, sistem pemanas, saluran minyak dan gas, sistem air hujan, dan atap.

Besi

Besi adalah salah satu material pokok dalam pembangunan konstruksi, tidak ada bangunan atau konstruksi yang tidak menggunakan material konstruksi satu ini. Kita bisa menemukan berbagai jenis besi untuk konstruksi maupun furniture.

Anda warga Surabaya atau sekitarnya? Anda bisa temukan berbagai besi murah Surabaya di CV. Aneka Steel Teknik. Distributor besi Surabaya terlengkap yang jual produk besi murah Surabaya berkualitas dan berstandar SNI.

Baja

Baja adalah logam yang paling banyak digunakan serta paling didaur ulang di bumi. Mayoritas baja yang diproduksi digunakan oleh industri konstruksi karena struktur yang berkelanjutan dapat dibangun dengan cepat dengan harga murah. Baja paling sering dapat ditemukan di pelat lantai jembatan, pertahanan pantai, bangunan pendidikan, bangunan tinggi, bangunan rumah sakit, gedung perkantoran, stadion, dan pagar keamanan.

Titanium

Titanium adalah logam ringan dan ekstra kekuatan lainnya yang populer di industri konstruksi. Logam khusus ini banyak digunakan untuk sistem pemanas dan pendingin karena tingkat ketahanan korosi yang tinggi. Tetapi titanium juga dapat ditemukan di pipa, atap, dan beberapa sistem keamanan yang memasang pelat atau bingkai untuk penguatan tambahan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top