Mengenal Fungsi Penangkal Petir yang Perlu Anda Ketahui

thumbnail

Peristiwa terjadinya petir adalah peristiwa alam yang datang dibarangi dengan turunnya hujan. Petir berisi muatan listrik dari awan yang keluar dan mencari tempat perambatan terpendek atau terdekat. Dan seperti bangunan – bangunan atau gedung tinggi dan pohon adalah tempat yang paling rawan terkena sambaran petir.

Maka dari itu setiap gedung tinggi atau bangunan rumah haruslah dilengkapi dengan alat penangkal petir dan dipasang oleh pusat pemasangan penangkal petir yang berpengalaman.

Sebab jika tidak dilengkapi dengan alat penangkal petir ini maka banguanan atau rumah Anda akan rawan dan rentan terkena sambaran petir yang bisa mengakibatkan kebakaran, kerusakan hingga menelan korban jiwa.

Terdapat tiga bagian penting dalam sistem penangkal petir, yaitu ;

Bagia – Bagian Penting pada Penangkal Petir

Batang atau Badan Penangkal Petir

Batang atau badan penangkal petir inilah yang akan menjadi tombak atau komponen utama yang menjadi perantara awal saat terjadi sambaran petir. Badan penangkal petir ini terbaut dari tembaga yang kuat dan penghantar listrik yang baik. Berbentuk panjang dengan ujung logam yang runcing dan diujung yang runcing itulah sambaran petir akan menumpukan muatan aliran listrik-nya.

Kabel Konduktor

Kabel konduktor untuk penangkal petir ini terbuat dari rangkaian kawat tembaga. Kabel ini berfungsi sebagai penerus aliran muatan listrik dari batang penangkal petir sampai ke batang pembumian atau grounding. Kabel konduktor untuk penangkal perti biasanya memiliki diamter berksisar 1 – 2cm.

Batang Pembumian atau Grounding

Setelah diteruskan dari batang penangkal lalu ke kabel konduktor dan kemudian barulah pembumian atau akhir dari penyaluran aliran listrik yang dikeluarkan atau dibuang ke dalam tanah.

Biasanya pusat pemasangan penangkal petir menanam batang pembumian atau grounding ini sendiri didalam tanah dengan kedalaman 2 – 3 meter dan memiliki diameter ukuran sekitar 1,5 atau 2cm. Batang pembumian ini terbuat dari bahan tembaga yang dilapisi baja.

Nah itulah bagian – bagian dari perlengkapan atau alat penangkal petir berikut fungsinya yang perlu Anda ketahui, agar Anda bisa menerapkannya pada bangunan rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top