5 Tips Merawat Genset Portable

thumbnail

Anda mungkin saat ini tengah terbiasa dengan kecekatan dan fleksibilitas generator portable yang saat ini memiliki performa yang cukup baik karena kondisi genset yang masih  berkualitas.

Tetapi apakah Anda dapat memastikan flesibilitas dan kekuatannya akan terus baik saat Anda membutuhkannya? 

Mungkin saja ya dan mungkin saja tidak. Jika genset Anda megalami penurunan performa, semua itu bisa diatasi dengan pemeliharaan dan perbaikan.

Pemiliharaan adalah bagian yang sangat penting dari memiliki generator portabel. Tidak merawat generator portabel Anda dapat menyebabkan sulitnya memulai dan inefisiensi. 

Jadi ikuti 5 tips perawatan generator portabel ini untuk memastikan bahwa sumber daya cadangan Anda tetap handal dan awet.

Dan tips ini penulis dapat dari tempat jual genset di Surabaya yang pernah penulis datangi.

5 Tips Perawatan Generator Portabel

1.) Bantuan Oli Segar

Seperti halnya peralatan listrik bermesin lainnya, penggantian oli merupakan faktor utama dalam menjaga kehandalan dan kelancaran pada mesin. Mayoritas generator baru membutuhkan penggantian oli pertama mereka setelah hanya 30 jam penggunaan.

Setelah penggantian oli pertama selesai, penggantian oli di masa depan hanya perlu dilakukan setiap 100 jam penggunaan, atau setidaknya disesuaikan dengan kebutuhan dan penggunaan. 

2.) Busi & Filter

Ganti busi dan filter udara Anda setiap 200 jam penggunaan. Memiliki busi baru yang dipasangkan dengan filter udara bersih akan memastikan campuran udara bahan bakar yang tepat dapat membantu mesin berjalan lebih efisien dan memperpanjang umur generator Anda. 

3.) Menguras Bahan Bakar dari Tangki

Jika Anda berencana menyimpan generator jauh dari penyimpanan selama lebih dari sebulan, pastikan untuk menguras bahan bakar dari tangki. 

Mulailah dengan menambahkan penstabil gas berkualitas ke bahan bakar di tangki Anda, kemudian jalankan unit selama sekitar 15 menit. 

Biarkan mesin menjadi dingin, kemudian hidupkan dan jalankan mesin sampai kehabisan bensin dan mati. Jika ada banyak gas yang tersisa di tangki, Anda bisa menggunakan sifon. Pastikan sifon tidak konduktif, untuk menghindari menghasilkan listrik statis di tangki. 

4.) Mengisi Daya Baterai

Tidak semua generator portabel memiliki baterai, tetapi genset yang menggunakan baterai harus terisi penuh dahulu sebelum disimpan.  Colokkan baterai ke pengisi daya yang mengalir agar genset tetap siap saat Anda membutuhkannya. 

5.) Melakukan Pemanasan pada Genset

Jika dalam 30 hari terakhir genset Anda tidak gunakan, Anda bisa melakukan pamanasa pada genset dan membiarkannya berjalan selama beberapa menit. 

Melakukan hal itu akan membantu menjaga komponen dilumasi dengan mengedarkan oli di seluruh mesin.

Nah itulah ke 5 tips yang bisa Anda coba aplikasikan pada genset portable yang Anda miliki. Anda tidak perlu ragu untuk mengaplikasi tips ini, karena tips ini diberikan oleh pakarnya yaitu dari toko jual genset di Surabaya yang terpercaya dan berpengalaman dibidangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top